Computer Engineer, Computer Scientist, Software Engineer & Information Technology Specialist

Kamis, 16 April 2015

Computer engineer adalah orang yang menanamkan sistem komputer di mesin dan sistem lain , membangun jaringan untuk mentransfer data , dan mengembangkan cara-cara untuk membuat komputer , lebih cepat , lebih kecil , dan lebih mampu. Computer engineer aatu insinyur computer juga  yang meningkatkan kemampuan komputer untuk "melihat" dan "berpikir".  Mereka membuat komputer lebih mobile , dan bahkan menggabungkan komputer menjadi kain , pakaian , dan bahan bangunan.

Computer engineer juga menganalisis dan memecahkan masalah yang berorientasi komputer. Insinyur computer harus memahami kedua perangkat, yaitu perangkat keras dan perangkat lunak computer. Hal ini memungkinkan mereka untuk memilih solusi yang terbaik , bukan hanya satu yang mereka ketahui. Pengetahuan tentang kedua "tubuh" dan "pikiran" dari sebuah komputer membantu insinyur komputer bekerja pada tingkat mikroskopis dan besar , seluruh sistem skala.

Insinyur komputer menggunakan banyak prinsip dan teknik teknik elektro dan banyak ilmu computer, yang bagaimanapun itu adalah lebih dari perpaduan dari beberapa bidang lainnya.

Contohnya adalah para pencipta windows, mac, linux, dll

Computer Scientist

Computer scientist adalah seorang ilmuwan yang telah memperoleh pengetahuan ilmu komputer , studi tentang dasar-dasar teoritis dari informasi dan komputasi.

Ilmuwan komputer biasanya bekerja di sisi teoritis sistem computer. Ilmuan komputer berfokus pada hardware. Meskipun para ilmuwan komputer juga dapat memfokuskan pekerjaan dan penelitian mereka pada bidang tertentu (seperti algoritma dan struktur data pengembangan dan desain , rekayasa perangkat lunak , teori informasi , teori database , teori kompleksitas komputasi , analisis numerik , teori bahasa pemrograman , komputer grafis , dan visi komputer), yayasan mereka adalah studi teoritis komputasi yang bidang-bidang lainnya berasal.

Tujuan utama dari ilmuwan komputer adalah pengembangan dan validasi, untuk memperkirakan sifat-sifat sistem berbasis komputer (prosesor , program , interaksi computer dengan orang-orang , komputer berinteraksi dengan komputer lain , dll) dengan tujuan menyeluruh menemukan desain yang mengakui untuk meningkatkan kinerja (lebih cepat , lebih baik , lebih murah , dan lain-lain).

Contohnya adalah pak irwan selaku dosen matakuliah IMK.

Software Engineer

Profesi software engineer sebenarnya ada kemiripannya dengan profesi programmer, system analyst ataupun SQA engineer. Yang membedakannya adalah software engineer memerlukan keahlian lebih mendalam dalam hal SDLC (Software Development Life Cycle) yaitu seluruh proses yang harus dijalani dalam pengembangan software. Pada level tertentu, seorang software engineer juga harus menguasai manajeman proyek software development. Salah satu standar SDLC yang umum digunakan dalam software engineering adalah SWEBOK (Software Engineering Body of Knowledge).

Kompleksitas dalam software develompment dari tahun-ketahun semakin kompleks dan jauh lebih kompleks dibandingkan pada saat awal komputer diciptakan. Untuk itulah para ahli dalam bidang software engineering menyusun berbagai metodologi untuk mengoptimalkan software development process agar dapat menghasilkan produk software yang sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman. Keahlian unik seorang software engineer adalah kemampuannya untuk merekomendasikan dan menerapkan metodologi software development terbaik dalam sebuah proyek. Metode-metode software development populer seperti RUP, Agile, Scrum, XP, TDD, BDD memiliki keunggulan dan kelemahan dan tentunya diperlukan keahlian dan pengalaman dalam merekomendasikan dan mengimplementasikan metode yang paling cocok dalam sebuah proyek software development.

Contohnya adalah orang-orang yang bekerja di perusahaan software yang pekerjaannya adalah menciptakan software-software tertentu yang dibutuhkan oleh orang atau perusahaan lainnya.

Information Technology Specialist

Spesialis TI adalah orang yang bertanggun jawab terhadap kelangsungan operasi dan pngembangan sistem informasi. Umumnya bagian ini di beri nama Pengolah Data Elektronik (PDE).

Spesialis IT diantaranya adalah

1.Operator, Dalam Hal ini operator komputer mempunyai tugas mengoprasikan komputer dan peralatan pendukung. Adapun operator yang mempunyai tugas dalam pemasukan data biasanya di sebut sebagai operator entri data (data entry operator)

2.Analis sistem mempunyai tugas sebagai antar muka antar pemakai informasi dengan sistem informasi. Analislah yang bertanggung jawab menerjemahkan kebutuhan pemakai menjadi sebuah rancangan basisdata dan aplikasi.

3.Program Aplikasi mempunyai tugas membuat suatu aplikasi (program komputer) yang di pakai dalam Sistem informasi Aplikasi yang di buat di dasarkan spesifikasi yang di buat oleh analis sistem.

4.Analis Program adalah suatu posisi dalam PDE yang bertugas sebagai pemrogram yang berhubungan dengan operasi internal komputer dan periferal (software enggener atau system engginer).

5.Administrator basis data bertanggung jawab terhadap struktur data di dalam basis data yang di gunakan dalam organisasi. Administrator yang berperan dalam mendefinisikan standar data.

6.Teknisi Komunikasi data mempunyai tanggung jawab terhadap masalah komunikasi data dan jaringan komputer.

7.Teknisi Perawatan Sistem bertanggung jawab terhadap kelangsungan operasi perangkat keras (hardware engineer).

8.Webmaster adalah personil yang bertanggung jawab terhadap isi halam web yang di miliki oleh organisasi.

9.Personil ini mempunyai tanggung jawab memastikan bahwa sistem informasi yang berbasis komputer memenuhi azaz- azaz akuntansi dan pengauditan sehingga keamanan data dalam sistem terjamin.



Sumber: prajuritnusantara.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar