Pelapisan Sosial dan Kesamaan Derajat

Rabu, 21 Desember 2011
Pelapisan Sosial dan Kesamaan Derajat
1. Pelapisan sosial
Masyarakat yang di bentuk dari individu-individu yang terdiri dari macam-macam latar belakang yang membentuk masyarakat dan terdiri dari kelompok-kelompok sosial inilah yang disebut pelapisan sosial.

Individu dan masyarakat adalah suatu ikatan komplementer, hal tersebut dapat kita ketahui dari kenyataan, bahwa :
a. manusia dipengaruhi oleh masyarakat demi pembentukan pribadinya,
b. individu mempengaruhi masyrakat dan bahkan bisa menyebabkan (berdasarkan pengaruhnya) perubahan besar masyarakatnya.

Ada yang membagi pelapisan masyarakat seperti berikut ini :
a. masyarakat terdiri dari kelas atas (upper class) dan kelas bawah (lower class)
b. masyarakat terdiri dari tiga kelas ialah kelas atas (upper class), kelas menengah (middle class), dan kelas bawah (lowder class).
c. Sementara itu ada pula yang sering kita dengar : kelas atas (upper class), kelas menengah (middle class), kelas menengah kebawah (lower middle class), dan kelas bawah (lowder class).

2. Kesamaan derajat

Yaitu seseorang yang sudah menjadi anggota masyarakat, mempunyai hak dan kewajiban baik itu terhadap masyarakat sekitar maupun dengan pemerintah dan negaranya. Semua hak dan kewajiban masyarakat untuk negara untuk di masukkan dalam undang-undang konstitusi sebagai hak dan kewajiban asasi manusia. Agar hak dan kewajiban berjalan dengan lancar, maka perlu adanya jaminan. Hanya pemerintah yang berwibawa lah yang dapat atau mampu memberikan jaminan.

Ø Kesamaan derajat Elite dan masa

a. kesamaan derajat Elite

kesamaan derajat elite termaksud masyarakat kelas atas (upper class) yang dimana dalam kehidupannya selalu diselimuti dengan harta kekayaan yang diperolehnya. Serta kehidupannya serba berkecukupan. Kesamaan derajat Elite Menempati posisi di puncak struktur-struktur sosial yang terpenting, yaitu posisi tinggi di dalam ekonomi, pemerintah aparat kemiliteran, politik, agama, pengajaran, dan pekerjaan –pekerjaan dinas.
b. Kesamaan derajat Masa

Kesamaan derajat masa justru sebaliknya bertentangan dari kesamaan derajat elite, dimana mereka memandang masyarakat kelas atas dan masyarakat kelas bawah itu sama. Artinya tidak memilih atau memihak pada kelas atas maupun kelas bawah. Hanya saja mereka memandang orang dari nilai vital juga kerohanian mereka masing-masing.

0 komentar:

Posting Komentar