4 Syarat Menjadi Programmer Handal

Senin, 13 Mei 2013

Menjadi seorang programmer yang handal tidaklah mudah karena ada beberapa hal atau kriteria yang harus dikuasai. Jadi, sebelum memutuskan terjun total di bidang programming atau coding ada baiknya kita bertanya pada diri sendiri apakah sudah memiliki kriteria yang mencukupi sebagai syarat menjadi programmer handal. Hal ini penting karena perkembangan teknologi informasi IT atau dunia IT semakin hari semakin berkembang yang menuntut totalitas kita terutama bidang IT programmer.

Apa saja syarat menjadi seorang programmer handal? Ok, berikut kita akan bahas hal atau kriteria apa saja yang dibutuhkan.
1.      Logika dan Imajinasi. Seorang programmer handal harus memiliki kemampuan untuk memecahkan suatu masalah tidak saja dengan satu jawaban tapi bisa lebih dari satu. Di sini pentingnya logika dan imajinasi untuk mencari cara penyelesaian berbeda namun mendapat hasil kerja terbaik. Untuk ini kita harus memiliki dasar menghitung atau matematika yang kuat.
2.      Penasaran dan Tidak Gampang Menyerah. Pada dasarnya programmer akan selalu dihadapkan pada persoalan yang kompleks untuk menyelesaikan bahasa pemrogramman untuk menghasilkan output maksimal. Demikian kompleksnya persoalan yang harus dipecahkan menuntut konsistensi kita untuk tidak putus asa dan selalu ingin tahu.
3.      Rajin, Tekun dan Ulet. Belajar bahasa pemrograman tidaklah mudah karena begitu banyak macam bahasa pemrograman yang perlu dikuasi belum lagi dihadapkan pada kasus kasus tertentu yang mengharuskan seorang programmer memeras otak menciptakan suatu aplikasi terbaru dan lain daripada yang lain. Bahasa pemrograman tersebut antara lain HTML, PHP, Java, Python, ASP, C++ dan masih banyak lagi.
4.      Mencintai Pemrograman. Jika sudah cinta sesuatu atau seseorang, apapun pasti akan kita lakukan, bukan? Nah, sama halnya dengan menjadi programmer, kalau sudah cinta pekerjaan mengcoding maka akan sukarela dan tidak merasa terpaksa mempelajari kerumitan yang ada pada bahasa pemrograman tersebut.
Intinya, untuk bisa menjadi programmer yang handal harus membutuhkan waktu yang cukup lama dan keahlian ini tidak bisa dikuasai seseorang dalam waktu yang singkat. Suka dan ketekunan merupakan modal utamanya.

Referensi :
http://www.diskusiweb.com/discussion/42722/4-syarat-menjadi-programmer-handal/p1

0 komentar:

Posting Komentar